Berita terkini

EKSPOSE DATA “JENEPONTO DALAM ANGKA”

02/11/2018

(Jay@Kominfo-News)

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jeneponto menggelar ekspose data Jeneponto Dalam Angka di cafe premiere, Jumat (2/11). Ekspose tersebut diikuti oleh utusan OPD dan instansi vertikal se Kab. Jeneponto.

Kepala BPS, Mukrabin pada sambutan pembukaan menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya strategis dalam mewujudkan data yang valid dan terintegrasi. “Diharapkan ada persepsi yang sama dalam mewujudkan satu data yang sama dari berbagai sumber data sehingga tidak ada perbedaan dalam penyajian data antar unit terkait”, tambahnya. Dijelaskannya pula bahwa salah satu anjuran Presiden adalah ke depan adanya satu data yang menjadi pedoman dalam sumber data. Dan BPS merupakan lembaga pemerintah non Kementerian yang bertugas dalam penyelenggaraan data statistik tersebut khususnya statistik dasar.

Selanjutnya ekspose dilakukan oleh 2 (dua) orang nara sumber masing-masing plt. Kadis Kominfo dan Statistik Jeneponto dan Kepala BPS Jeneponto. Inti materi yang disampaikan oleh Kadis Kominfo, Manrancai Sally antara lain menjelaskan bahwa Dinas Kominfo dan Statistik mempunyai fungsi menyelenggarakan kegiatan Statistik Sektoral. Jenis statistik ini pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan tugas pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi pemerintah yang bersangkutan. Kegunaan jenis statistik sektoral ini sebagai bahan perumusan kebijakan, perencanaan pembangunan dan pertanggung jawaban. “Karena itu seluruh OPD selaku produsen data diharapkan untuk menyelenggarakan kegiatan statistik secara terus menerus sesuai ruang lingkup tugas dan fungsinya”, jelas Manrancai.

Kepala BPS Jeneponto yang juga menyampaikan materi menekankan pentingnya data statistik sebagai salah satu alat ukur pelaksanaan pembangunan. Statistik terbagi atas tiga jenis yakni statistik dasar, statistik sektoral dan statistik khusus. Ke depan karena sudah ada Dinas Kominfo dan Statistik selaku OPD Pemda yang bertugas dalam penyelenggaraan statistik sektoral maka BPS mengharapkan koordinasi dan kerja sama yang kuat dengan OPD tersebut, khususnya dalam sinergi data sektoral.

Selain menjelaskan berbagai muatan statistik dasar, Kepala BPS juga menyampaikan tentang teknis perhitungan PDRB, Laju Pertumbuhan Ekonomi, Ketenagakerjaan dan rank kemiskinan serta muatan buku “JENEPONTO DALAM ANGKA”.