KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI

  • Sekretariat Dewan perwakilan rakyat daerah merupakan unsur penunjang urusan pemerintahan di Sekretariat DPRD yang menjadi kewenangan Daerah
  • Sekretariat Dewan perwakilan rakyat Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipimpin oleh Sekretaris DPRD yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.
  • Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dipimpin oleh seorang Sekretaris DPRD mempunyai tugas membantu Bupati dalam memimpin dan melaksanakan,merencanakan,mengoordinasikan,mengarahkan, memonitoring,mengevaluasi dan membina serta menilai penyelenggaraan administrasi, kesekretariatan, keuangan, memberikan dukungan pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD, serta menyediakan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD sesuai dengan kewenangannya berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku untuk kelancaran tugas.
  • Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Sekretaris DPRD mempunyai fungsi :
    • perumusan pelaksanaan kebijakan teknis di bagian penyelenggaraan Administrasi Kesekretariatan DPRD.
    • perumusan pelaksanaan kebijakan teknis di bagian penyelenggaraan administrasi Hukum dan persidangan;
    • perumusan pleaksanaan kebijakan teknis di bagian Anggaran dan pengendalian dan pengawasan
    • perumusan pelaksanaan kebijakan teknis di bagian pendukung fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan
    • perumusan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan kesekretariatan yang menunjang tugas organisasi
    • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait tugas dan fungsinya.

STRUKTUR ORGANISASI

  • Sekretaris DPRD
  • Administrasi Kesekretariatan
    1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
    2. Sub Bagian Perencanaan dan Keungan
    3. Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan
  • Hukum dan Persidangan
    1. Sub Bagian Hukum dan Perundang-Undangan
    2. Sub Bagian Persidangan dan Risalah
    3. Sub Bagian Humas dan Protokol
  • Anggaran dan Pengendalian dan Pengawasan
    1. Sub Bagian Anggaran
    2. Sub Bagian Pengawasan Anggaran
    3. Sub Bagian Reses dan Aspirasi